Rangkuman
Penerapan Lesson Study dalam
Pembelajaran Matematika
(Makalah ini disusun untuk
memenuhi tugas mata kuliah Pembelajaran Inovatif II)
Dosen
Pembimbing:
Lestariningsih,
S.Pd., M.Pd.
Disusun
oleh:
1.
Abdul Khakim Kurniawan NIM: 1431001
2.
Ahmad Hariz M. NIM:
1431006
3.
Cicinidia NIM:
1431021
4.
Indah Silvia Hadi NIM: 1431040
5.
Ristia Havadoh E. NIM: 1431069
6.
Rizky Yuniar Hakim NIM: 1431070
STKIP PGRI SIDOARJO
Jalan Kemiri, Telp.(031) 8950181, Fax.(031)
8071354, Sidoarjo.
Website :http://stkippgri-sidoarjo.ac.id
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
2016
A.
Sejarah
Lesson Study
Lesson Study
telah berkembang sejak abad 18 di negara Jepang. Konsep Lesson Study
semakin berkembang pada tahun 1995 berkat kegiatan The Third International
Mathematics and Science Study (TIMSS) yang diikuti oleh empat puluh satu
negara dan ternyata dua puluh satu negara di antaranya memperoleh skor
rata-rata matematika yang secara signifikan lebih tinggi dari skor rata-rata
matemtika di Amerika Serikat.
Di
Indonesia, konsep Lesson Study berkembang melalui program Indonesia
Mathematics and Science Teacher Education Project (IMSTEP) yang
diimplementasikan sejak Oktober tahun 1998 di tiga IKIP
B.
Pengertian
Lesson Study
Lesson
Study bukan sebuah metode atau strategi pembelajaran
tetapi serangkaian kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan di dalamnya
berbagai metode atau strategi pembelajaran yang dianggap efektif dan sesuai
dengan situasi, kondisi, dan permasalahan faktual yang dihadapi guru di dalam
kelas, dan Lesson Study merupakan suatu cara peningkatan mutu pendidikan
yang tak pernah berakhir (continuous improvement), alias inovasi yang
tiada henti.
C.
Ciri-Ciri
Lesson Study
1.
Tujuan bersama untuk jangka panjang.
2.
Materi pelajaran yang penting.
3.
Studi tentang siswa secara cermat.
4.
Observasi pembelajaran secara langsung.
D.
Prinsip-Prinsip Lesson Study
1. Diusahakan
adanya kegiatan hands-on dan mind-on selama pembelajaran tersebut berlangsung,
2. Pembelajaran
diusahakan dapat menyentuh permasalahan yang berhubungan dengan hidupan sehari-hari
siswa,
3. Perencanaan
pembelajaran tersebut mencoba mengembangkan media pembelajaran yang berbasis local materials.
E.
Tahapan
Kegiatan Lesson Study
Lesson
Study terdiri
dari 3 tahapan yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see).
F.
Keunggulan
dan Kelemahan Lesson Study
1. Keunggulan
Lesson Study
a.
Membantu guru untuk
mengobservasi dan mengkritisi pembelajarannya
b. Meningkatkan
mutu guru dan mutu pembelajaran yang pada gilirannya berakibat pada peningkatan
mutu lulusan
c. Memperbaiki
praktek pembelajaran di kelas
d. Meningkatkan
kolaborasi antar sesama guru dalam pembelajaran
2.
Kelemahan Lesson Study
a.
Kurangnya pemahaman dan
komitmen guru mengenai apa, mengapa, dan bagaimana melaksanakannya.
b.
Kurang terbiasa
mengembangkan budaya saling belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar